rss

Kamis, Juli 16, 2009

Tips Ampuh Mengatasi Penyakit Pada Ikan Lele

Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ikan lele bisa disebabkan oleh bakteri, parasit atau bahkan cacing. Penyakit – penyakit yang sering dijumpai oleh para peternak ikan lele adalah cendawan, bintik putih, borok, cacingan serta trichodina.

Untuk terhindar dari kerugian besar, para petani ikan lele harus dapat mengendalikan penyakit – penyakit tersebut diatas dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab dari penyakit tersebut serta gejala yang muncul sebelum pada akhirnya nanti mengetahui bagaimana caranya untuk menanggulanginya.

CENDAWAN

  1. Jenis yang dapat menyerang adalah saprolegnia dan achyla, dimana mereka sering dijumpai di perairan yang kaya akan bahan organik.
  2. Penyakit ini menyerang ikan lele yang sudah teruka atau yang sedang berada dalam kondisi lemah.
  3. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah bahwa pada sekitar lukanya banyak dijumpai serabut berwarna putih.
  4. Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah : kepadatan tebar dikurangi dan air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 5 gram / m2.
  5. Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah :
    Merendam ikan lele yang sakit ke dalam air PK berdosis 1 gram / 100 liter air. Proses perendaman dilakukan selama 30 menit. Jamur dapat dihilangkan dengan menggunakan obat Furazolin.

BINTIK PUTIH

  1. Penyebab dari munculnya penyakit ini adalah ichthyophthirius multifiliis dimana mereka akan menyerang ikan lele yang dipelihara didalam kolam yang airnya menggenang.
  2. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah bahwa pada permukaan kulit dan juga insang ikan lele banyak dijumpai bintik – bintik berwarna putih yang apabila dibiarkan terlalu lama, kulit dan insang ini akan rusak sebelum pada akhirnya nanti ikan lele akan mati dalam hitungan jam.
  3. Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah :
    Memperbaiki sistem sanitasi, air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 30 gram / liter air, sebanyak 2 – 3 kali berturut – turut, penggunaan malachyte green berdosis 0,1 gram / m2 sebanyak 2 hari sekali hingga ikan lele sembuh.

BOROK

  1. Merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh para peternak ikan lele dikarenakan dapat menyebabkan kematian massal.
  2. Penyebab dari munculnya penyakit ini adalah aeromonas dan pseudomonas dimana mereka meenyerang organ dalam ikan lele, seperti hati, limpa serta daging.
  3. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah munculnya borok diseluruh permukaan kulit ikan lelel. Borok ini akan mengeluarkan nanah jikan penyakit ini memarah.
  4. Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah :
    Mengkarantinakan ikan lele yang sakit dan pemberian antibiotik pada ikan lele yang masih sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Antibiotik ini dapat diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam pakan ikan lele dengan dosis antibiotiknya adalah sebesar 1 mg / kg pakan. Selain itu air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 10 kilogram yang telah dicampur dengan tumbukan daun pepaya.

CACINGAN

  1. Jenis yang dapat menyerang adalah dactylogyrus dan gyrodactylus, dimana mereka sering dijumpai dikolam yang kepadatan tebarnya terlalu tinggi serta baru saja mengalami perubahan lingkungan hidup yang drastis dan mendadak. Mereka sering menyerang bagian insang ikan lele (akan menyebabkan kesulitan dalam hal bernafas) serta kulitnya (menjadi berlendir).
  2. Gejala yang ditunjukkan oleh ikan lele yang terserang oleh penyakit ini adalah menurunnya nafsu makan serta ikan lele sering berenang ke atas permukaan air.
    Beberapa tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah :
    Mengganti air dalam jumlah yang besar, air kolam ditaburi dengan garam dapur sejumlah 40 gram / m2, merendam ikan lele yang sakit ke dalam air PK berkonsentrasi 0,01 % selama 30 menit.

TRICHODINA

Penyakit ini disebabkan oleh protozoa, dimana mereka menyerang bagian insang dari ikan lele. Ikan yang terserang oleh penyakit ini akan berputar – putar dan muncul diatas permukaan air.
Tindakan pengobatan yang dapat dilakukan adalah merendam ikan lele yang sakit ke dalam air berformalin berkonsentrasi 15 – 20 ppm.

(sumber gambar : www.perikanan-diy.info)

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat pagi pengelola Info Agrobisnis, terimna kasih telah memberikan solusi kepada kami tentang perawatan ikan lele, selama ini kami mengalami kendala disumber air karena air tanah kami terkontaminasi solar rembesan dari pompa bensi disebelah lahan kami. Tetapi dengan membuat sumur rembesan akhirnya kami dapatkan air yg bersih.
Selang beberapa waktu berjalan ikan mengalami iritasi dan mengalami kematian setiap harinya sekitar 5 hingga 10 ekor. dengan adanya solusi dari info agrobisnis ini akan kami coba untuk mengatasinya, mudah2an dapat terselesaikan permasalahannya. Amin

Demikian komentar dari kami
Terima kasih, Wasalam
A. syafei
E mail : a.syafei@ymail.com

emra on 9 November 2010 15.24 mengatakan...

terima kasih agrobisnis.. saya cukup terbantu dengan info ini..
saya memelihara lele masih dalam tahap belajar..
dalam perjalanan benih lele saya terdapat bintik2 putih pada sekujur tubuhnya sehingga ribuan benih mati dengan sia-sia.. saya hampir putus asa dengan kejadian ini..
agrobisnis.. ada yang mau saya tanyakan mengenai tips mengatasi masalah tersebut... saya punya beberapa kolam bibit yang rata2 ukuran 2x4 dengan ketinggian air 30 cm.. berapa garam yang harus saya berikan untuk mengatasi bintik2 hitam pada ikan lele saya..
terima kasih agrobisnis atas jawabannya..

emra
emraneeh@gmail.com

Anonim mengatakan...

Mgatasi bntik putih pake garam 30gram/liter?? Mau bikin ikan asin ya om...

Anonim mengatakan...

kenapa harus pakai garam?
tingkat efektifitas penggunaan setinggi apa?

kalau masalah hama seperti kini2 atau ucrit bagaimana penanggulangannya?

daru_biz@yahoo.com

Anonim mengatakan...

malam pak,saya ternak lele dgn luas lahan 2.8 M x 1.8 M dgn kapasitas sekitar 400 ekor/kolam mempunyai 4 kolam.tetapi kenapa saat ini mengeluarkan bau tidak sedap dan nafsu makan lele kurang dan banyak ikan yg mati.untuk info saja di atas kolam saya tutup dgn beratapkan seng tetapi udara tetap terbuka.mohon infonya ke email saya di bimasyamsurizal@yahoo.co.id .terimakasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

slamat siang pak,,,,,,,
saya mempunyai masalah dengan ikan lele saya ,
kulit nya bercak-bercak putih dan megap-megap di pemukaan air
Mohon solusi nya ya pak !

Anonim mengatakan...

slamat siang pak,,,,,,,
saya mempunyai masalah dengan ikan lele saya ,
kulit nya bercak-bercak putih dan megap-megap di pemukaan air

dan akan mati.......
biasanya 1 hari 7 ekor mati dan strus nya
Mohon solusi nya ya pak !

citra on 28 September 2011 00.19 mengatakan...

artikelnya bagus di teruskan ya pak.

agen-gamat.com on 28 September 2011 00.21 mengatakan...

artikelnya bagus bikin yang lain lagi,semoga sukses ya pak...!

agen-gamat.com on 29 September 2011 05.45 mengatakan...

ngoment lagi nie om.

www.obatgamat.com on 29 September 2011 05.47 mengatakan...

Artikelnya bagus low.

petani ndeso on 24 April 2013 10.43 mengatakan...

Artikelnya sangat membantu.. terimakasih banyak.


Poskan Komentar

Silahkan masukan komentar anda, No Porno, No Spam...!